LatihanSoal ( BAB 3 )
1. Apakah yang
dimaksud dengan tipe data?
2.
Sebutkan dan jelaskan penggolongan tipe data!
3. Apakah yang
dimaksud dengan struktur data?
4. Apakah yang
dimaksud dengan konstanta dan variabel?
5.
Apakah beda antara konstanta dan variabel?
6. Apakah yang dimaksud dengan
array? Jelaskan!
7. Apakah yang
dimaksud dengan stack? Jelaskan operasi pada stack dan beri contoh
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari!
8. Apakah yang
dimaksud dengan queue?
9. Apakah yang
dimaksud dengan tree? Berikan contoh penerapannya!
10. Apakah yang
dimaksud dengan graph? Berikan contoh penerapannya!
JAWABAN :
1.Tipe data
biasanya digunakan untuk menentukan jenis nilai yang
dapat ditampung oleh suatu variabel, umumnya telah menyediakan tipe-tipe data yang
sederhana (simple) maupun yang terstruktur. Apabila kita membutuhkan tipe data
yang belum tersedia, kita dapat mendefinisikan sendiri tipe data baru yang disebut
enumerated type.
2.
Jenis-JenisTipe Data
1. Tipe Data Sederhana.
Merupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program, meliputi:
a. Integer (Bilangan Bulat).
Penggolongan tipe data integer tersebut dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan. Misalkan untuk suatu perhitungan dari suatu variabel bilangan diperkirakan nilai maksimumnya 32767 kita cukup mendeklarasikan variabel bilangan sebagai integer (2 byte), dari pada sebagai longint (4 byte). Didalam kompilernya, Pascal menyediakan konstanta untuk bilangan Integer yaitu: MaxInt and MaxLongInt, pemrogram bisa menggunakannya didalam programnya tanpa haru sterlebih dahulu mendefinisikannya. Contoh bilangan integer adalah: 34 6458 -90 0 1112.
1. Tipe Data Sederhana.
Merupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program, meliputi:
a. Integer (Bilangan Bulat).
Penggolongan tipe data integer tersebut dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan. Misalkan untuk suatu perhitungan dari suatu variabel bilangan diperkirakan nilai maksimumnya 32767 kita cukup mendeklarasikan variabel bilangan sebagai integer (2 byte), dari pada sebagai longint (4 byte). Didalam kompilernya, Pascal menyediakan konstanta untuk bilangan Integer yaitu: MaxInt and MaxLongInt, pemrogram bisa menggunakannya didalam programnya tanpa haru sterlebih dahulu mendefinisikannya. Contoh bilangan integer adalah: 34 6458 -90 0 1112.
B. Real (Bilangan Pecahan).
Bilangan real atau nyata merupakan jenis bilangan pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific .Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2.
Bilangan real atau nyata merupakan jenis bilangan pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific .Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2.
d. Boolean (Logika)
Merupakantipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah). Turbo Pascal for Windows memiliki tiga macam jenis ini yaitu: Boolean,WordBool, danLongBool. Tipe Boolean memakai memori paling kecil, sedangkan WordBool dan LongBool dipakai untuk menulis program yang sesuai dengan lingkungan Windows.
3. Struktur data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data didalam komputer agar bisa dipakai secara efisien. Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Faktaa tau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.
4.Variabel adalah suatu tempat untuk menampung
data yang nilainya selalu berubah. Sedangkan, Konstanta adalah suatu tempat untuk menampung
data yang nilainya selalu tetap dan tidak pernah berubah.
Konstanta adalah variabel yang
nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah.
Jadi konstanta adalah juga variabel bedanya adalah pada nilai yang disimpannya.
Jika nilai datanya sepanjang program berjalan tidak berubah ubah,
maka sebuah varibel lebih baik diperlakukan sebagai konstanta.
5.
6. Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang
sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array merupakan konsep yang
penting dalam pemrograman, karna array memungkinkan untuk menyimpan data
maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks.
7. Pengertian
Stack atauTumpukan adalah suatu stuktur data yang penting dalam pemrograman yang
mempunyai sifat LIFO (Last In First Out), Benda yang terakhir masuk kedalam stack
akan menjadi benda pertama yang dikeluarkan dari stack.
Stack (Tumpukan) adalah list linier yang
dikenali elemen puncaknya (TOP)
dan Aturan penyisi pandanpenghapusanelemennyatertentu. Penyisipanselaludilakukan
“di atas“ TOPdanPenghapusanselaludilakukanpada TOP
OPERASI-OPERASI/FUNGSI STACK Push
:digunakanuntukmenambah item pada stack padatumpukan paling atas
Pop :
digunakanuntukmengambil item pada stack padatumpukan paling atas
Clear :
digunakanuntukmengosongkan stack
IsEmpty :fungsi yang
digunakanuntukmengecekapakah stack sudahkosong
IsFull : fungsi
yang digunakanuntukmengecekapakah stack sudahpenuh
8. Queue padaStruktur Data atauantrianadalahsekumpulan data
yang
manapenambahanelemenhanyabisadilakukanpadasuatuujungdisebutdengansisibelakang(rear),
danpenghapusan(pengambilanelemen) dilakukanlewatujung lain
(disebutdengansisidepanatau front).
Queue atauantrianprinsip yang
digunakanadalah “MasukPertamaKeluarPertama” atau FIFO (First In First
Out).
Queue
atauantrianbanyakkitajumpaidalamkehidupansehari-hari, ex: antrian Mobil
diloketTol, AntrianmahasiswaMendaftar, dll. Contoh lain
dalambidangkomputeradalahpemakaiansistemkomputerberbagiwaktu(time-sharing
computer system) dimanaadasejumlahpemakai yang
akanmenggunakansistemtersebutsecaraserempak.
Pada Queue
atauantrianTerdapatsatubuahpintumasuk di suatuujungdansatubuahpintukeluar di
ujungsatunyadimanamembutuhkanvariabel Head dan Tail ( depan/front,
belakang/rear).
Karakteristik Queue atauantrian
:
1. elemenantrian
2. front
(elementerdepanantrian)
3. tail (elementerakhir)
4. jumlahelemenpadaantrian
5. statusantrianOperasipada Queue
atauantrian
1. tambah(menambah item
padabelakangantrian)
2. hapus
(menghapuselemendepandariantrian)
3.
kosong(mendeteksiapakahpadaantrianmengandungelemenatautidak)
9. Tree merupakan
salah satu bentuk struktur data tidak linear yang menggambarkan
hubungan yang
bersifat hirarki (hubungan one to many) antara elemen-elemen, contoh
penerapannya adalah ketika menggambar bagan silsilah keluarga, atau struktur
organisasi
10. graph adalah struktur yang menggambarkan relasi antar obyek dari sebuah
koleksi obyek. Contoh penerapannya adalah Contohnya informasi topologi dan
jarak antar kota-kota di suatupulau.
Terimakasih atas jawabannya kak
BalasHapusWalau ada sebagian yang terlewatkan tapi itu tak apa